Tulisan ini dibuat untuk menyelesaikan tugas akhir dari mata kuliah Interaksi Manusia Komputer. Sebagai bagian dari kajian web usability untuk antarmuka situs My Hobby Town, penulis tidak memiliki hubungan apapun dengan situs yang bersangkutan.

Kajian web usability untuk antarmuka situs My Hobby Town dibagi menjadi 4 bagian :

Semua tulisan ini terangkum dalam kategori tugas akhir IMK.

______________________________________________________________

EVALUASI HEURISTIK (lanjutan)
6. Recognition rather than recall
Mengurangi penggunaan memory pengguna dengan membuat objek, aksi, dan pilihan yang ada visible (jelas).

Fitur pencarian, biarpun bentuk dan warnanya dirubah menjadi lebih menarik, kata-kata 'Try the New Search Engine' akan membuat pengguna menyadari bahwa kotka tersebut adalah kotak pencarian yang akan berfungsi sebagaimana mestinya.
Kekurangan utama dari fitur ini adalah button Search Item yang terlihat sebagai tulisan biasa, padahal itu adalah button. Solusi yang baik menurut saya adalah berikan efek timbul pada latar belakang tulisan Search Item, sehingga pengguna dapat mengetahui bahwa kotak pencarian tersebut bisa memulai pencariannya, baik dengan menekan Enter pada keyboard maupun menekan button Search Item.


7. Flexibility and efficiency of use
Mempermudah pengguna untuk melakukan kegiatannya dengan lebih cepat. Sistem dapat memenuhi, baik untuk pengguna yang berpengalaman maupun yang tidak (dalam hal ini adalah pengguna yang awam).

Situs My Hobby Town hanya mengkhususkan pada info acara, katalog barang, cara memesan, alamat toko, serta page Facebook. Tidak ada halaman lain yang tidak berhubungan dengan keempat hal tadi, sehingga pengguna tidak perlu melakukan langkah-langkah yang panjang untuk mengakses setiap halamannya. Tautan-tautan utama bersifat dinamis, ada di setiap halaman. Seperti How to Buy, di halaman apapun pengguna membuka, tautan How to Buy akan selalu ada sehingga pengguna tidak perlu kembali ke halaman depan untuk membuka halaman How to Buy.
Coba perhatikan posisi navigasi di kedua halaman di bawah ini : Tidak berubah, bukan? Ini sangat membantu efisiensi waktu bagi pengguna.


8. Aesthetic and minimalist design
Dialog-dialog seharusnya tidak mengandung informasi yang tidak relevan atau tidak terlalu diperlukan. Setiap informasi tambahan akan 'bersaing' dengan bagian-bagian yang relevan dan dapat mengurangi visibilitas relatifnya.

Format Tulisan
Konten dalam situs My Hobby Town menggunakan jenis huruf Verdana berukuran kecil dan tidak banyak bermain di glyph. Bentuk huruf Verdana yang bulat dan padat membantu pengguna untuk lebih nyaman membaca dan membedakan antar huruf, tetapi ukuran yang kecil akan sangat mengganggu. Solusi yang baik menurut saya adalah gunakan ukuran huruf yang sedikit lebih besar, ada baiknya menggunakan ukuran huruf yang biasa dipakai dalam pengetikan biasa, yaitu dalam kisaran 11-14 point.

Gambar
Dalam situs My Hobby Town digunakan banyak gambar, termasuk background situs menggunakan gambar, untuk menarik perhatian pengguna. Gambarnya pun berukuran sedang sehingga tidak mengganggu konten lain seperti tulisan. Pada bagian kategori barang, gambar bisa diperbesar dengan cara klik di thumbnail gambar. Gambar yang besar akan muncul di window baru seperti berikut ini :

9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors
Pesan error sebaiknya ditampilkan dalam bahasa biasa, bukan bahasa koding. Selain itu pesan error sebaiknya tepat masalah dan memberi solusi.

Kesalahan yang banyak terjadi bagi pengguna situs My Hobby Town adalah pengetikan kata kunci untuk pencarian dan salah pengetikan alamat dari halaman tertentu. Pesan error yang muncul dari kesalahan pengetikan alamat adalah sebagai berikut :
Fitur pencarian dalam My Hobby Town tidak memiliki fitur seperti Google yang memberikan saran kata kunci lain jika pengguna salah memasukkan kata kunci dalam kotak pencarian, sehingga yang muncul dalam layar adalah :
Penggunaan kata-kata 'No stock' memiliki kesan bahwa kata kunci apapun yang dicari, sudah ada (dijual) di situs My Hobby Town hanya saja stok-nya sedang kosong. Padahal yang dimaksud adalah tidak ada yang berkaitan dengan kata kunci yang di-input-kan. Solusi yang baik menurut saya adalah berikan kalimat yang lebih relevan seperti 'Hasil pencarian tidak ditemukan' dan sejenisnya. Selain itu, berikan pula tautan kembali ke kotak pencarian agar pengguna tidak perlu repot menekan Back atau Undo pada browser.


10. Help and documentation
Meskipun beberapa berpendapat bahwa sistem akan lebih baik tanpa dokumentasi, tetapi akan menjadi nilai lebih jika memiliki fitur bantuan. Bantuan ini, sesuai namanya berisi bantuan dalam penggunaan sistem.

Sitemap
Dalam situs My Hobby Town, tidak ada halaman khusus yang berisi bantuan. Namun My Hobby Town memiliki tiga bagian yang dapat membantu pengguna menggunakan sistem yaitu FAQ dan Sitemap. FAQ dirangkap dalam halaman How to Buy, dan Sitemap terpisah seperti berikut : Sitemap ini kurang baik, karena sifatnya hanya sebagai 'Daftar Isi' dan bertaut dengan halaman-halaman yang bersangkutan. Selain itu tulisan yang kecil juga dapat diacuhkan oleh pengguna, sehingga justru Sitemap ini akhirnya tidak ada yang mengakses. Solusi yang baik menurut saya adalah selain tautan ke halaman yang bersangkutan, berilah penjelasan sedikit tentang halaman-halaman tersebut. Selain itu, tulisan juga dapat diperbesar dan akan lebih baik jika disertai peta situs berupa gambar.

Halaman Depan
Saat pertama kali masuk ke situs My Hobby Town, di luar navigasi terdapat konten-konten seperti berikut :
Meskipun beberapa pengguna mungkin dapat langsung menerka bahwa situs ini adalah situs e-commerce, tak sedikit juga pengguna yang kebingungan apa yang harus dilakukan dengan situs ini begitu muncul konten-konten di atas. Solusi yang baik menurut saya adalah berikan sedikit penjelasan tentang isi situs My Hobby Town di halaman depan untuk 'menyambut' pengunjung situs, juga membantu pengguna untuk menentukan apa yang akan dilakukan setelahnya.

______________________________________________________________

Sebelumnya >> Bagian 2 : Kajian Usability 1
Selanjutnya >> Bagian 4 : Penutup

Posted by strawieluphy 6/25/10

12 comments

  1. Penggunaan gambar yang lucu dan warna yang ceria menarik perhatian user sehingga akan lebih sering berkunjung ke website tersebut

    Nice post :D

     
  2. Assalamualaikum

    saya baru lihat situs ini. menarik banget. banyak sekali gambar-gambar anime yang lucu. kajian yang disajikan inne juga memberikan pengetahuan luas tentang web ussablity. awalnya saya berfikir bahwa situs ini merupakan situs dimana orang-orang berkumpul dengan hobi yang sama. misalnya hobi bermain basket atau sebagainya.. hehe.. ternyata situs ini situs pembelian online.. hehe.. saya benar-benar tertipu nih.. hiks hiks

     
  3. wah, bagus juga ni situs...
    ada efek-efek salju..
    tetapi pada menu sebelah kiri terdapat icon karakter kartun yang tidak sesuai dengan judul menu nya,

     
  4. M. Mukhlis Says:
  5. Fontnya terlalu kecil rasa-rasanya. Tapi klo kurang jelas. Kalian dapat menggunakan fasilitas zoom pada browser kalian.


    M. Mukhlis
    G64070025
    https://muhammadm0798.student.ipb.ac.id/

     
  6. Winda Giam Says:
  7. Website yang sangat menarik. Interfacenya sangat bagus dengan gambar-gambar anime yang lucu. Tapi pendapat saya pribadi, websitenya agak terkesan berantakan.

     
  8. situs nya menarik, interface nya juga tapi top menu nya masih terlihat seperti tulisan biasa


    Fazariah R (G64070120)
    http://fazariahr07.student.ipb.ac.id/

     
  9. @ Dhieka
    Wa'alaikum salam. Wah, mengecoh ya? Awalnya saya pikir juga ini situs komunitas, tapi ternyata bukan. Saya termasuk pelanggan di toko ini :)

    @ Mukhlis
    Biarpun ada fitur zoom di browser, sebisa mungkin tidak mempersulit pengguna. Bagi yang sudah tahu sih baik-baik saja, tapi bagi yang awam masalah browser, bisa jadi malah berakhir meninggalkan situsnya ^^

    @ Winda
    Sependapat, mungkin karena situsnya sendiri masih bersifat statis jadi posisi layoutnya agak berantakan :)

     
  10. Analisis yang bagus ne :)
    dari segi warna :: orange menggambarkan keceriaan->ini diperuntukan untuk anak-anak ya?heheh :p
    ini jg forum jual beli barang bukan sih? atau hanya membri tahu harga barangnya aja ?? :)
    ga ada button clik here to buy semacam itu....


    wiwiek dewi anggraeni (G64070048)
    http://wiwiekd07.student.ipb.ac.id/

     
  11. Hidayat Wali Says:
  12. menarik..menyesuaikan tampilan dengan pasarnya..

     
  13. @ Wiwiek
    Emang logonya oren2 selalu sih :P
    Ini.... semacam situs katalog. Semua transaksi dilakukan via email, jadi belum ada fungsi form online :)

     
  14. dean Says:
  15. waw... webnya hidup.. pasti kalau yang mengunjungi adalah anak-anak yang masih sekolah, bakalan seneng. ada ajax nya juga.. interaksi yang dibangun udah bagus...

     
  16. @Dean : masih doong... ;)

    sekarang tampilannya sudah tidak begini lagi sudah masuk versi 2 ^^

     

Post a Comment

Subscribe here

Hello!


Free Hit Counter

Me : strawieluphy


INNE LARASATI ♫
inne, nee-chan, strawie, tante inne
teens. 20 going 21st. college 3rd year.
unfortunately not single anymore :P
majoring computer science
with communication skills.
design graphic minded not coding minded.
english but rather being engrish.
quiet but can be talkactive. moody. kind.
crazy fangirl. easy-going. love eat. snackies.
teddy bear and japan obsessed.

Check out my profile here!

photoshop + fandom = MY LIFE!
PROUD TO BE JAPANESE/KOREAN FANGIRL! ♥
Tokyo x Seoul are my SOUL!
blue sky-awesomeness. everything strawberry.
PRINCE NINO (二宮和也) and KAPPA AIRIN (鈴木愛理) worshipper ♥

IPB Badge