Tulisan ini dibuat untuk menyelesaikan tugas akhir dari mata kuliah Interaksi Manusia Komputer. Sebagai bagian dari kajian web usability untuk antarmuka situs My Hobby Town, penulis tidak memiliki hubungan apapun dengan situs yang bersangkutan.

Kajian web usability untuk antarmuka situs My Hobby Town dibagi menjadi 4 bagian :

Semua tulisan ini terangkum dalam kategori tugas akhir IMK.

______________________________________________________________

EVALUASI HEURISTIK
1. Visibility of system status
Sistem harus dapat menginformasikan kepada pengguna tentang apa yang terjadi pada sistem, dapat dilakukan melalui feedback yang wajar.

Tautan dan Navigasi
Dalam situs My Hobby Town terdapat 4 (empat) jenis tautan. Tautan jenis pertama adalah tautan yang menuju ke halaman-halaman penjelasan tentang situs tersebut dan berada di bagian paling atas, sedangkan tiga sisanya adalah tautan menuju kategori barang yang dijual. Tiga sisanya ini berada di bagian bawah gambar Header, di samping kiri konten, serta di bagian paling bawah tepat di dekat Copyright situs.


Diberi warna oranye dan memiliki bentuk tulisan yang berbeda dengan tulisan pada konten, menunjukkan tulisan tersebut "berbeda" dan bukan konten. Jika di-hover, tautan akan memiliki garis bawah dan kursor akan berubah bentuk dari tanda panah menjadi penunjuk tangan. Jika tautan tersebut sudah pernah diakses sebelumnya, warnanya akan menjadi ungu tua. Mirip dengan ketiga jenis tautan kategori.
Navigasi kategori ini dibahas lebih lanjut di bagian Consistency and standards.

Kelemahan dari tautan di atas adalah, pengguna hanya mengetahui halaman apa yang akan diakses dan menunjukkan bahwa tulisan tersebut adalah tautan. Jika sudah di-klik, tidak ada tulisan ataupun tanda untuk menunjukkan navigasi bahwa pengguna ada di halaman tersebut. Seperti contoh di bawah ini :
Ini adalah halaman How to Buy, dan tidak ada perubahan tanda pada tautan. Hanya berubah menjadi warna ungu tua, bahwa halaman tersebut sudah diakses. Bahkan di bagian judul, tetap saja bertuliskan :: My Hobby Town ::. Padahal bagi pengguna yang memaksimalkan fungsi Tab pada browser, ini akan mempersulit.
Solusi yang baik menurut saya adalah pemberian judul halaman di depan :: My Hobby Town ::, misalkan How to Buy :: My Hobby Town ::. Selain itu, pada navigasi diberi tanda yang menunjukkan pengguna berada di halaman tersebut. Misalnya dengan memberi latar warna merah dan tulisan dirubah menjadi putih. Hal ini penting agar pengguna tidak tersesat lebih jauh di dalam situs.

Loading Halaman
Dalam situs My Hobby Town, tidak diketahui dengan baik apa yang terjadi pada antarmuka. Sederhananya, terkadang saya sendiri tidak bisa mengetahui apakah halaman yang sedang saya buka ini sudah loading 100% atau masih ada bagian-bagian yang masih loading. Ini adalah tampilan "berantakan" situs saat loading belum mencapai tahap 100% :
Ini dikarenakan terlalu banyak gambar yang harus di-load, sehingga membuat pengguna bingung apakah halaman sudah selesai di-load atau belum. Solusi yang baik menurut saya adalah pemberian tanda/status loading di tengah situs, seperti layaknya loading sebuah aplikasi WPF, sehingga mempermudah pengguna untuk mengetahui proses loading sudah selesai atau belum. Karena terlalu lama menunggu akan membuat pengguna menjadi jenuh.


2. Match between system and the real world
Sistem harus 'berbicara' dalam bahasa yang biasa digunakan oleh pengguna. Kata-kata dan berbagai istilah yang digunakan harus menyesuaikan.

Bahasa Inggris
Navigasi yang digunakan adalah Bahasa Inggris, seperti FAQ, How to Buy, Contact, Our Location, dan lain-lain. Digunakan Bahasa Inggris untuk memudahkan pengguna yang kebanyakan adalah remaja dan dewasa. Digunakan bahasa baku sesuai standar situs-situs e-commerce di luar negeri. Hampir tidak ada penggunaan Bahasa Indonesia, padahal ini adalah situs e-commerce lokal!
Situs ini menyediakan modul translasi ke bahasa lain, menggunakan API dari Google. Namun kelemahannya adalah menjadi tidak efektif, karena translasi dari Google kadang masih berantakan. Solusi yang baik menurut saya adalah situs ini dibuat dalam bentuk bilingual, agar pengguna yang awam Bahasa Inggris tertarik dengan situs ini.

Istilah dalam Bahasa Jepang
Terdapat beberapa istilah Bahasa Jepang, sesuai dengan barang-barang yang dijual di situs ini seperti Anime dan Washi. Penyebutan nama barang ini digunakan sesuai dengan nama aslinya untuk menghindari kesalahan dan pelanggaran hak cipta, selain itu diberikan gambar untuk memperjelas lagi.


3. User control and freedom
Pengguna kadang memilih fungsi yang salah sehingga memerlukan emergency exit dan dapat keluar dengan bebas tanpa perlu melalui langkah-langkah lain. Biasanya ditandai dengan mendukung fungsi undo dan redo.

Tidak ada fungsi seperti ini pada situs My Hobby Town. Karena sifatnya hanya sebagai katalog, pengguna dapat keluar dengan bebas dari situs ini tanpa harus akses ke halaman-halaman tertentu (tekan tanda X pada tab/browser jika sudah selesai maupun pada situsnya terjadi error).


4. Consistency and standards
Pengguna tidak harus berpikir apakah kata, situasi, dan aksi yang berbeda ternyata memiliki arti yang sama. Follow platform conventions, lebih baik menggunakan hal-hal yang sifatnya umum.

Navigasi untuk Kategori Barang
Terdapat tiga bentuk tautan untuk navigasi kategori barang yang dijual di My Hobby Town. Berdasarkan segi letak, ada tiga posisi. Sedangkan berdasarkan segi bentuk tautan, ada dua yaitu berupa tulisan dan button.

Ketiga jenis tautan ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dan dapat mengecoh pengguna. Pengguna dapat saja berpikir button memiliki fungsi yang berbeda dibanding navigasi kategori di bawah Header. Solusi yang baik menurut saya adalah berikan cukup dua saja navigasi kategori yang paling membantu pengguna. Button dan tulisan sudah cukup, dan disarankan menggunakan breadcrumps agar pengguna tidak tersesat saat sedang melihat jenis-jenis barang.

Selain itu, hindari juga penggunaan gambar pada button yang tidak sesuai. Contohnya pada button Posters : Di satu sisi, ini menarik karena tema situs My Hobby Town adalah anime (kartun Jepang). Tapi dari sisi usability, ini tidak bagus karena beberapa pengguna akan berpikir bahwa dimaksud di button di atas adalah boneka atau bahkan makanan! Solusi yang baik menurut saya adalah berikan gambar yang sesuai. Jika memang ingin menggunakan gambar anime, berilah gambar anime yang sesuai dengan tulisan pada button.

Tautan ke Halaman Sendiri
Di situs My Hobby Town, seperti sudah dijelaskan di Visibility of system status, pengguna 80% bisa dipastikan tersesat karena Where am I?-nya yang masih belum jelas. Pengguna dapat semakin tersesat karena adanya self link, yaitu tautan ke halaman sendiri. Sebagai contoh, pengguna berada di halaman Home. Ia membuka tab baru, dan saat kembali ia mengakses halaman My Hobby Town, ia lupa bahwa ia masih berada di halaman Home sehingga ia mengarahkan kursornya ke tautan Home. Menjadi tidak efisien bukan?
Solusi yang baik menurut saya adalah hindari penggunaan self link.


5. Error prevention
Desain sistem yang mencegah pengguna melakukan kesalahan dalam penggunaan sistem. Bisa dilakukan dengan pilihan konfirmasi (biasa juga disebut autentikasi).

Pada situs My Hobby Town, pengguna sifatnya hanya melihat dan mencari informasi. Tidak diperlukan input selain input untuk melakukan pencarian. Kesalahan sistem biasanya terjadi saat database My Hobby Town sedang error sehingga beberapa halaman situs tidak dapat diakses. Sehingga kesalahan yang terjadi pada pengguna biasanya hanya merupakan kesalahan pengetikan yang selanjutnya akan dibahas di Help users recognize, diagnose, and recover from errors.

______________________________________________________________

Sebelumnya >> Bagian 1 : Pendahuluan
Selanjutnya >> Bagian 3 : Kajian Usability 2

Posted by strawieluphy 6/25/10

7 comments

  1. jarumpentul Says:
  2. Hmm..pertama liat web My Hobby Town, saya bingung mencari letak dari menu utamanya. Mungkin karena ukurannya yang terlalu kecil dan letaknya yang terlalu ke atas.

    Setuju sama inne!
    Navigasi dari web ini belum dapat menunjukkan halaman yang sedang diakses. Sebaiknya diberikan warna yang berbeda untuk menu yang sudah dikunjungi dengan menu yang sedang diakses :)

     
  3. jarumpentul Says:
  4. Hmm..pertama liat web My Hobby Town, saya bingung mencari letak dari menu utamanya. Mungkin karena ukurannya yang terlalu kecil dan letaknya yang terlalu ke atas.

    Setuju sama inne!
    Navigasi dari web ini belum dapat menunjukkan halaman yang sedang diakses. Sebaiknya diberikan warna yang berbeda untuk menu yang sudah dikunjungi dengan menu yang sedang diakses :)

    Kristina Paskianti / G64070113
    http://kristinap07.student.ipb.ac.id

    *maap tadi kelupaan. Hehe :p

     
  5. Sebaiknya, admin lebih memperhatikan masalah pengoptimalan database sehingga dapat menghindari adanya kesalahan sistem biasanya terjadi saat database My Hobby Town sedang error sehingga beberapa halaman situs tidak dapat diakses

     
  6. heyitsMade Says:
  7. saat pertama membuka tautan pada bagian bawah header, wah penanda halaman mana yang aktif sudah cukup jelas. tapi saat membuka tautan yang lain koq tautan sebelumnya tidak berubah seperti semula? wahh ternyata itu bukan penanda halaman yang aktif tapi halaman yang sudah diakses. cukup membingungkan.

     
  8. salam kenal...
    iy tuch sm kyk web yg gw kaji...
    ga da tndany klo qt da d halaman mana...


    http://nidyap07.student.ipb.ac.id/

    http://nidyalovekitty.blogspot.com/

     
  9. Anonymous Says:
  10. saya tertarik banget sama bagian searchnya, itu lucu banget tampilannya..
    waktu klik bagian menu "anime acc" terus klik menu lain "cross stitch" ternyata ada yang unik, setiap menu yang udah pernah diakses warnanya langsung berubah.. ini bagus juga, jadi tahu kalo pernah akses menu itu.. bagus2..
    tapi menu-menu utamanya terlalu atas, nyaris luput dari pandangan mata saya..

    By : Rani Dwijayanti.G64070054
    htto://ranid07.student.ipb.ac.id/

     
  11. Anonymous Says:
  12. http://ikai07.student.ipb.ac.id/

    Ditampilan awal minim informasi sehingga user yang baru pertama kali melihatnya tidak tahu pasti mengenai situs ini. Akan lebih baik bila pada tampilan home setidaknya ada sedikit gambaran informasi mengenai situs tersebut.
    Menu utama dan fungsi search ditampilkan dua kali di tiap halaman yaitu di bagian atas dan bawah. rasanya satu saja di bagian atas sudah cukup, tak perlu hingga dua kali mengingat halaman situsnya pun tak terlalu panjang.

     

Post a Comment

Subscribe here

Hello!


Free Hit Counter

Me : strawieluphy


INNE LARASATI ♫
inne, nee-chan, strawie, tante inne
teens. 20 going 21st. college 3rd year.
unfortunately not single anymore :P
majoring computer science
with communication skills.
design graphic minded not coding minded.
english but rather being engrish.
quiet but can be talkactive. moody. kind.
crazy fangirl. easy-going. love eat. snackies.
teddy bear and japan obsessed.

Check out my profile here!

photoshop + fandom = MY LIFE!
PROUD TO BE JAPANESE/KOREAN FANGIRL! ♥
Tokyo x Seoul are my SOUL!
blue sky-awesomeness. everything strawberry.
PRINCE NINO (二宮和也) and KAPPA AIRIN (鈴木愛理) worshipper ♥

IPB Badge