Kebutuhan fandom yang paling mendasar di samping data-data virtualnya di Harddisk adalah GOODIES. Goodies yang dimaksud tak hanya sekadar CD/DVD saja, bisa berupa Tshirt konser, gantungan kunci, photobook, photocard, dll. Selain membeli online saat waktu perilisan, ada satu cara lain yang sedikit lebih rumit tapi tentu saja asik. Auction, atau secara harfiah artinya lelang :D

Merujuk dari thread AditZ di forum MMI yang melayani pembelian secara auction... masih ada beberapa member yang bingung, gimana sih beli auction?
Di entry kali ini saya akan bantu jelasin, bagaimana caranya memilih dan membeli barang secara auction :D Tapi... sebelum saya mulai, ada beberapa yang perlu dipersiapkan nih.

  1. Pastikan web-browsermu bisa membaca huruf Jepang, karena kita akan menjelajahi web yang full-Japanese! Nggak mau kan, pas udah buka webnya malah kotak-kotak semua..
  2. Buka tab lain dan masuk ke situs-situs yang menyediakan translate dari huruf Jepang ke bahasa Indonesia/Inggris. Direkomendasikan Google Translate. Fungsi web translate ini adalah membantu kita saat sudah sampai di web auction tersebut.
Sudah siap? Oke... ketikkan di web browsermu : http://auctions.yahoo.co.jp/

Pencarian Goodies di Auction
Sampai di website, jangan langsung panik karena isinya benar-benar full-Japanese :D
Sebenarnya ada beberapa kategori yang bisa dipilih di samping kiri, tapi untuk memaksimalkan auction kita, ada baiknya kita menggunakan Search Engine. Ketikkan pencarian pada 商品を検索する. Misalkan saya akan mencari goodies dari Maeda Yuuka.

INGAT! Web ini benar-benar berbasis tulisan Jepang, jadi saya TIDAK MENJAMIN hasil maksimal pencarian jika menggunakan tulisan secara latin, kecuali untuk beberapa artis yang memang menggunakan nama latin. Catatan : huruf Jepang (kanji) dari si artis bisa dicari lewat official website maupun lewat Wikipedia ^^

Oke... setelah disubmit, muncul tampilan seperti berikut. Inilah goodies-goodies Maeda Yuuka yang di-action untuk kurun waktu paling lama 7 hari/seminggu dari waktu membuka web.

Pada tabel ini, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan.
現在価格 berarti current price, atau bisa juga harga awal/starter dari produk yang bersangkutan. 即決価格 berarti harga akhir/batas harga untuk dibid. Bila dalam kolom ini tidak tercantum harga, berarti kamu bebas nge-bid produk tersebut semahal-mahalnya :D
入札 adalah jumlah yang sudah melakukan bid untuk produk itu. Untuk goodies H!P sendiri masih tergolong rendah dibandingkan goodies JE yang bisa mencapai 30an bid ^^ nggak kebayang harga akhirnya berapa ^^;. Sama seperti sebelumnya, jika di kolom ini tidak tercantum apapun, berarti belum ada yang bid dan kamu adalah yang pertama :D
Kolom terakhir adalah 残り yang merupakan waktu yang tersisa dari auction produk tersebut. HARAP DIPERHATIKAN, jika berwarna merah berarti waktunya tinggal beberapa menit lagi, sedangkan 時間 adalah jam dan 日 adalah hari.

Silahkan mencari-cari goodies apapun yang kamu inginkan. Nah, jika tertarik, silahkan diklik judul dari produknya untuk melihat foto produk yang lebih jelas serta detail produk.
Misalkan saya tertarik dengan photocard Yuuka yang ini : http://page11.auctions.yahoo.co.jp/jp/auction/n82644298
Akan muncul tampilan seperti berikut.

Pada kolom 詳細情報 adalah detail dari produk itu sendiri. Jika discroll lagi ke bawah, akan terdapat foto yang lebih jelas untuk produknya dan detail lebih lanjut tentang produknya.
Naaah, jika di halaman ini ada hal-hal yang tidak kamu mengerti, kamu bisa mencari tau lewat Google Translate. Jadi tinggal kopikan huruf-huruf di sini ke Google Translate-nya, dan tinggal klik Translate deh! Biarpun emang artinya suka berantakan, tapi cukup membantu kan :)

Melakukan Bid
Jika benar-benar sudah yakin akan membeli, cek ulang 現在の価格 (current price-nya) dan 残り時間 (sisa waktunya). Misalkan saya benar-benar sudah yakin ingin membeli photoset Yuuka di atas. Berarti saya harus melakukan bid di atas 600 円. Ingat, semakin mahal harga yang bisa kita pasang, semakin besar kesempatan untuk mendapatkan produknya. Sekarang... waktunya cek uang, apakah mencukupi atau tidak. Perlu diingat juga,
Yang dibayarkan nanti adalah (Harga barang + Ongkir Japan~Japan + Japan~Indo) + Komisi 15%

- Komisi 15% dari keseluruhan harga barang plus ongkir.
- Ongkir Japan~Japan perkiraan: 100-300Y tergantung berat barang dan lokasi sender darimana dikirimkan ke agen saya di Tokyo.
- Ongkir Japan~Indonesia perkiraan: untuk 1 set poto (3~5 lembar) sekitar 100-200Y.
- Barang dikirim setiap 2 kali dalam sebulan dari Jepang. Tengah dan akhir bulan. (khusus barang2 kecil, biar dikirimkan bersamaan jadi ongkir murah.)
- Barang2 berat seperti PB, Kalender dll dikirimkan terpisah..
- Kurs bisa berubah2 tergantung kapan Aditz tukar rupiah dengan yen.

Hitung dengan teliti. Jangan sampai perkiraan perhitungan kamu sekitar Rp 200.000,- dan kamu benar-benar HANYA mempersiapkan uang Rp 200.000,- Ingat, yang kamu hadapi adalah lelang yang berbasis Jepang, BUKAN beli online yang tinggal bayar langsung dikirim.
Kembali ke photoset Yuuka di atas, pasanglah harga tertinggi yang tak terlampau jauh dari harga awalnya. Misalkan 850 円. Kalau sudah yakin, tinggal posting di thread Aditz dan Aditz akan memproses bid kalian :D

Sistem Bid di Auction
Meskipun harga awal 600 円 dan kita sudah menulis paling mahal 850 円, bukan berarti nilai 850 円 itulah yang langsung disubmit. Bid, atau harfiahnya adalah tawar, bertahap. Saya sendiri kurang mengerti berapa min/max bid yang boleh diajukan setiap membeli di Yahoo! Auction, tapi kita asumsikan min-nya adalah 10 円 dan max 50 円.
Ada 2 user yang mau membeli, misalkan A dan B. Current pricenya 600 円. A melakukan bid 610 円, lalu B 650 円. A bid lagi sebesar 700 円, dan B lagi 750 円.
Terus berulang-ulang sampai batas waktu auction berakhir, dan sampai menit terakhir auction ditutup, user yang memasang harga bid tertinggilah yang menang, dan ia harus membayar sebesar bid tersebut.. makanya tadi dibilang menentukan harga tertinggi harus semampu kantong kita, kan nggak lucu udah menang bid ternyata kita nggak bisa bayar :P

Gimana? Emang lebih rumit, tapi lebih asik. Karena kadang kita bisa menemukan barang-barang yang bahkan udah sold out di mana-mana :D
Saya sendiri memang bukan yang suka ikutan Auction, tapi saya cukup berpengalaman dari beli di Auction kemarin dibantuin wizard beli potoset Airi ^^ Nah... dari pengalaman inilah, saya mau ngasih tips-tips yang mungkin bisa berguna buat beginner-beginner di Auction~
  1. Maksimalkanlah search engine. Jangan begitu melakukan pencarian pertama langsung tertarik dan melakukan bid. Cari lagi jika ada auction barang yang sama. Semakin banyak melakukan pencarian, kamu bisa menemukan barang yang current price-nya lebih murah ^^
  2. Cek dompet benar-benar. Harga auction sangat tergantung kurs dan seperti kita tahu, kurs ini suka naik-turun. Kalau memang ada sedikit uang, dan kebetulan barang yang kamu inginkan current pricenya sangat murah, lebih baik JANGAN MEMBELI. Mau bayar pake apa kalau kamu menang bid dan ternyata kursnya lagi mahal?
  3. Tidak semua foto yang ditampilkan di site adalah foto barangnya, bisa jadi hanya gambar dari website barang tersebut. Biarpun keadaan barang baik dan sama seperti contoh gambar, ada baiknya kamu beli yang preview fotonya lebih `nyata`.
  4. Kelebihan auction adalah harganya yang murah. Kalau kamu pinter-pinter mencari, rilisan-rilisan baru bahkan bisa didapat dengan harga yang lebih murah! Siapa sih yang nggak tertarik sama single Onna ga Medatte Naze Ikenai ALL VERSION dengan HANYA 2800 円 :D
  5. Nggak selamanya auction `baik`. Pribadi saya, auction itu bikin ketagihan. Sekali menang, pengen lagi dan pengen lagi. Ingeeet, uang kalian udah terkuras lumayan banyak dengan 1X auction saja loh :)

Semoga bisa membantu :) Kalau ada kata-kata atau pembahasan yang salah, tolong dikoreksi ya~

Posted by strawieluphy 2/9/10

0 comments

Post a Comment

Subscribe here

Hello!


Free Hit Counter

Me : strawieluphy


INNE LARASATI ♫
inne, nee-chan, strawie, tante inne
teens. 20 going 21st. college 3rd year.
unfortunately not single anymore :P
majoring computer science
with communication skills.
design graphic minded not coding minded.
english but rather being engrish.
quiet but can be talkactive. moody. kind.
crazy fangirl. easy-going. love eat. snackies.
teddy bear and japan obsessed.

Check out my profile here!

photoshop + fandom = MY LIFE!
PROUD TO BE JAPANESE/KOREAN FANGIRL! ♥
Tokyo x Seoul are my SOUL!
blue sky-awesomeness. everything strawberry.
PRINCE NINO (二宮和也) and KAPPA AIRIN (鈴木愛理) worshipper ♥

IPB Badge